top of page

jaofitness Group

Public·14 members

Contoh Rpp Sd Kurikulum 2013 Semester 1 Chemistry [CRACKED]



Contoh Rpp Sd Kurikulum 2013 Semester 1 Chemistry




Chemistry adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar (SD) kelas 4 dan 5. Chemistry merupakan ilmu yang mempelajari tentang zat, sifat, struktur, dan perubahan zat. Chemistry juga berkaitan dengan fenomena alam yang terjadi di sekitar kita, seperti siklus air, fotosintesis, dan reaksi kimia.




Contoh Rpp Sd Kurikulum 2013 Semester 1 Chemistry



Untuk mengajar Chemistry di SD, guru perlu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum 2013. RPP adalah dokumen yang berisi rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru dan siswa dalam satu pertemuan atau lebih. RPP harus mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran.


Contoh Rpp Sd Kurikulum 2013 Semester 1 Chemistry Kelas 4




Berikut ini adalah contoh RPP SD kurikulum 2013 semester 1 Chemistry kelas 4 dengan tema "Benda-Benda di Lingkungan Sekitar".


  • Kompetensi Inti (KI):



  • KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.



  • KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.



  • KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.



  • KI 4: Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



  • Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator:



  • KD 3.1: Menjelaskan sifat-sifat benda padat cair gas.



  • Indikator:



  • - Menyebutkan sifat-sifat benda padat cair gas.



  • - Menyebutkan contoh benda padat cair gas di lingkungan sekitar.



  • - Menjelaskan perbedaan sifat-sifat benda padat cair gas.



  • - Menjelaskan perubahan wujud benda padat cair gas akibat pemanasan atau pendinginan.



  • KD 4.1: Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat-sifat benda padat cair gas.



  • Indikator:



  • - Menyusun alat dan bahan percobaan untuk mengetahui sifat-sifat benda padat cair gas.



  • - Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat-sifat benda padat cair gas dengan bimbingan guru.



  • - Mengamati hasil percobaan untuk mengetahui sifat-sifat benda padat cair gas.



  • - Mencatat hasil percobaan untuk mengetahui sifat-sifat benda padat cair gas.



  • - Menyimpulkan hasil percobaan untuk mengetahui sifat-sifat benda padat cair gas.



  • Materi Pembelajaran:



  • Sifat-sifat benda padat cair gas:



  • - Benda padat memiliki bentuk tetap, volume tetap, tidak dapat ditekan atau dimampatkan.



  • - Benda cair tidak memiliki bentuk tetap tetapi mengikuti bentuk wadahnya, volume tetap, tidak dapat ditekan atau dimampatkan.



  • - Benda gas tidak memiliki bentuk tetap maupun volume tetap tetapi mengisi ruang wadahnya seluruhnya, dapat ditekan atau dimampatkan.



  • Contoh benda padat cair gas di lingkungan sekitar:



  • - Benda padat: batu, kayu, besi, kertas, dll.



  • - Benda cair: air, minyak goreng, susu, dll.



  • - Benda gas: udara, asap rokok, uap air dari panci mendidih dll.



  • Perubahan wujud benda padat cair gas akibat pemanasan atau pendinginan:



  • - Benda padat dapat berubah menjadi benda cair atau benda gas jika dipanaskan. Contoh: es batu meleleh menjadi air jika dipanaskan; lilin meleleh menjadi minyak jika dipanaskan; air raksa menguap menjadi gas jika dipanaskan sangat tinggi.



  • - Benda cair dapat berubah menjadi benda padat atau benda gas jika dipanaskan atau didinginkan. Contoh: air membeku menjadi es batu jika didinginkan; air mendidih menjadi uap air jika dipanaskan; alkohol menguap menjadi gas jika dipanaskan sedikit saja.



  • - Benda gas dapat berubah menjadi benda cair atau benda padat jika didinginkan atau ditekan. Contoh: uap air mengembun menjadi air jika didinginkan; udara dapat dikompres menjadi cairan jika ditekan sangat kuat; karbon dioksida dapat membeku menjadi es kering jika didinginkan sangat rendah.



Contoh Rpp Sd Kurikulum 2013 Semester 1 Chemistry Kelas 5




Berikut ini adalah contoh RPP SD kurikulum 2013 semester 1 Chemistry kelas 5 dengan tema "Ekosistem".


  • Kompetensi Inti (KI):



  • KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.



KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur,


disiplin,


tanggungjawab,


peduli (toleransi,


gotong royong),


santun,


  • responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.



KI 3: Memahami pengetahuan (faktual,


konseptual,


dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,


teknologi,


seni,


  • budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.



KI 4: Mencoba,


mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,


mengurai,


merangkai,


memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,


membaca,


menghitung,


  • menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



  • Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator:



KD 3.2: Mendeskripsikan ekosistem daratan (padang rumput,


hutan hujan tropis,


gurun pasir) dan ekosistem per


Contoh Rpp Sd Kurikulum 2013 Semester 1 Chemistry Kelas 6




Berikut ini adalah contoh RPP SD kurikulum 2013 semester 1 Chemistry kelas 6 dengan tema "Selamatkan Makhluk Hidup".


  • Kompetensi Inti (KI):



  • KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.



KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur,


disiplin,


tanggungjawab,


peduli (toleransi,


gotong royong),


santun,


  • responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.



KI 3: Memahami pengetahuan (faktual,


konseptual,


dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,


teknologi,


seni,


  • budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.



KI 4: Mencoba,


mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,


mengurai,


merangkai,


memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,


membaca,


menghitung,


  • menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



  • Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator:



  • KD 3.3: Menjelaskan cara-cara menyelamatkan makhluk hidup dari ancaman kepunahan.



  • Indikator:



  • - Menyebutkan beberapa contoh makhluk hidup yang terancam punah di Indonesia.



  • - Menyebutkan beberapa faktor penyebab kepunahan makhluk hidup.



  • - Menyebutkan beberapa dampak negatif dari kepunahan makhluk hidup bagi kehidupan manusia dan lingkungan.



  • - Menyebutkan beberapa cara-cara menyelamatkan makhluk hidup dari ancaman kepunahan.



  • - Menjelaskan manfaat dari menyelamatkan makhluk hidup dari ancaman kepunahan.



  • KD 4.3: Melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.



  • Indikator:



  • - Menyusun alat dan bahan percobaan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.



  • - Melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dengan bimbingan guru.



  • - Mengamati hasil percobaan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.



  • - Mencatat hasil percobaan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.



  • - Menyimpulkan hasil percobaan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.



  • Materi Pembelajaran:



  • Makhluk hidup yang terancam punah di Indonesia:



  • - Beberapa contoh makhluk hidup yang terancam punah di Indonesia adalah harimau sumatera, badak jawa, orangutan kalimantan, komodo, burung cendrawasih, dll.



  • Faktor penyebab kepunahan makhluk hidup:



  • - Beberapa faktor penyebab kepunahan makhluk hidup adalah perburuan liar, perdagangan ilegal, perusakan habitat, pencemaran lingkungan, perubahan iklim, dll.



  • Dampak negatif dari kepunahan makhluk hidup bagi kehidupan manusia dan lingkungan:



  • - Beberapa dampak negatif dari kepunahan makhluk hidup bagi kehidupan manusia dan lingkungan adalah hilangnya keanekaragaman hayati, gangguan keseimbangan ekosistem, berkurangnya sumber daya alam, berkurangnya nilai estetika dan budaya, dll.



  • Cara-cara menyelamatkan makhluk hidup dari ancaman kepunahan:



  • - Beberapa cara-cara menyelamatkan makhluk hidup dari ancaman kepunahan adalah melindungi habitat mereka, menghentikan perburuan dan perdagangan ilegal, melakukan konservasi ex situ dan in situ, melakukan penelitian dan pendidikan konservasi, dll.



  • Manfaat dari menyelamatkan makhluk hidup dari ancaman kepunahan:



  • - Beberapa manfaat dari menyelamatkan makhluk hidup dari ancaman kepunahan adalah menjaga keanekaragaman hayati, mempertahankan keseimbangan ekosistem, memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan, meningkatkan nilai estetika dan budaya, dll.



Kesimpulan




Chemistry adalah ilmu yang mempelajari tentang zat, sifat, struktur, dan perubahan zat. Chemistry juga berkaitan dengan fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Untuk mengajar Chemistry di SD, guru perlu membuat RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013. RPP harus mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran. Contoh RPP SD kurikulum 2013 semester 1 Chemistry kelas 4 adalah dengan tema "Benda-Benda di Lingkungan Sekitar". Contoh RPP SD kurikulum 2013 semester 1 Chemistry kelas 5 adalah dengan tema "Ekosistem". Contoh RPP SD kurikulum 2013 semester 1 Chemistry kelas 6 adalah dengan tema "Selamatkan Makhluk Hidup". Dengan membuat RPP yang baik dan menarik, guru dapat membantu siswa memahami Chemistry dengan mudah dan menyenangkan. 6c859133af


https://soundcloud.com/ajmpedeh/office-2016-crack-file-download

https://soundcloud.com/zybiahalkt/chessbase-16-steam-edition-full

https://soundcloud.com/pontasmissph/download-free-obs-studio

About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page